Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H

Minggu, 11 Agustus 2019 14:39:42 - oleh : Jumani

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1440 H

11 AGUSTUS 2019

Makna HAri Raya Idul Adha

Idul Adha 1440 H adalah sebuah kebahagiaan yang tak terukur dengan variabel duniawi, sebuah kebahagiaan yang tak terdeskripsikan dengan kata-kata, hari ini kita dapat berkumpul di Masjid-masjid guna melaksanakan shalat Idul Adha di hari yang mulia ini dan bulan yang mulia ini.

Dalam beberapa hari terakhir, hingga beberapa hari ke depan, seluruh penjuru dunia menyaksikan berbagai rangkaian ritual agama Islam yang dilaksanakan dengan skala yang begitu besar. Terdapat sekitar 2,5 juta muslim saat ini yang sedang menunaikan ibadah haji.

Kemarin kita berpuasa Arafah saat saudara kita yang sedang menunaikan haji wukuf di Arafah.

Hari ini kita menapaktilasi momentum perlawanan terhadap setan dengan menyembelih hewan Qurban, saudara kita yang sedang haji menapaktilasi momentum itu dengan melempar jumrah di mina.

Allahu Akbar…. Allahu Akbar… Allahu Akbar…

Ma’asyiral muslimin Rahimakumullah…

Jika kita menelaah rangkaian ibadah dalam beberapa hari terakhir, Hari Raya Idul Adha, Ibadah Qurban, serta ibadah haji, terdapat berbagai hikmah, asraar, serta pelajaran yang dapat kita ambil. Di antaranya, kita dapat melihatnya dari 5 dimensi; yaitu dimensi penjagaan agama, jiwa, akal, keturunan, serta harta. Atau biasa disebut Hifdz diin, hifdz nafs, hifdz aql, hifdz nasl, dan hifdz maal. Lima dimensi yang oleh para ulama dijabarkan sebagai Dharuriyyat Al-Khams dalam Maqasid Sharia.

Cuplikan Kutbah Gontor

 

 

kirim | cetak | pdf

Berita "Berita Terkini" Lainnya