UNTAG Versi Webometrics Tahun 2023

Selasa, 1 Agustus 2023 14:55:42 - oleh : indahpermata

Terima kasih kepada tim pengembangan web untag masih bertahan di versi webometrics. Sejak tahun 2011 untag merintis membuat domain dan subdomain web UNTAG melalui Infokom yang terus mengupdate data secara reguler supaya mampu bertahan karena banyak PTS yang sama berusaha untuk menjadi yang lebih baik untuk peringkat versi webometrics. Alhamdulillah atas dukungan dari Rektorat dan Yayasan yang telah mendukung dan menfasilitasi kami. Terima kasih kepada Rektor UNTAG Bapak Dr. Marjoni Rachman, M.Si UNTAG masih bertahan di Peringkat Ke dua Kampus Terbaik di Kaltim Tahun 2023 Versi Webometric. link http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia

sedikit pemahaman tentang Webometrics adalah sebuah indeks yang mengevaluasi kualitas dan visibilitas sebuah website universitas atau institusi melalui penghitungan sitasi dan pengunjung yang dilakukan oleh mesin pencari seperti Google.

Tujuan dari pemeringkatan Webometrics adalah untuk memberikan pengukuran yang obyektif mengenai kualitas dan visibilitas sebuah website institusi atau universitas. Hal ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi institusi untuk memperbaiki website mereka agar lebih relevan dan dapat ditemukan oleh mesin pencari. Selain itu, pemeringkatan ini dapat membantu institusi atau universitas dalam menentukan strategi pemasaran dan meningkatkan visibilitas mereka secara global.

Dilansir dari laman resmi Webometrics, terdapat empat indikator utama yang digunakan untuk menilai dan memeringkatkan universitas terbaik di seluruh dunia. Keempat indikator tersebut dijelaskan selengkapnya sebagai berikut: 

1.    Presence

Indikator presence memiliki bobot penilaian sebesar lima persen. Namun, pada edisi terbaru Januari 2023, indikator presence telah resmi dihapus sehingga tidak lagi menjadi penilaian utama untuk pemeringkatan universitas terbaik. 

 

2.    Visibility 

Indikator selanjutnya yaitu visibility atau visibilitas. Ini merupakan kriteria yang dinilai berdasarkan jumlah tautan luar yang terkoneksi ke domain website di masing-masing universitas, lalu dinormalisasi dan kemudian diambil nilai rata-ratanya. Pengambilan datanya dilakukan dari situs Ahrefs Majestic. Bobot penilaian berdasarkan indikator visibility, yakni sebesar 50 persen (paling besar). 

 

3.    Transparency atau Openness 

Kutipan data yang bersumber dari Google Scholar juga menjadi indikator utama dalam penilaian universitas terbaik versi Webometrics. Jumlah kutipan diambil dari 310 penulis teratas. Namun, ini tidak termasuk pada 30 outlier teratas. Bobot penilaian transparansi ini sebesar 10 persen saja. 

 

4.    Excellence atau Scholar 

Excellence atau scholar adalah penelitian atau makalah teratas yang telah dikutip. Datanya diambil dari jumlah makalah di antara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip di masing-masing dari 27 disiplin ilmu. Sumbernya berasal dari Scimago dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Bobot penilaian berdasarkan indikator ini sebesar 40 persen. 

 

kirim | cetak | pdf

Berita "Artikel" Lainnya